Prokopim Luncurkan Website SIAP Pimpinan

LAUNCHING: Wakil Bupati Berau Gamalis hadir acara launching sistem digitalisasi SIAP Pimpinan. (Foto: GEORGIE/BENUAKALTIM.CO.ID)

benuakaltim.co.id, BERAU – Demi meningkatkan efektivitas pelayanan dan koordinasi yang tertata rapi, Pemkab Berau melalui Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) meluncurkan sistem digitalisasi Sistem Koordinasi dan Manajemen Agenda Protokoler dan Komunikasi Pimpinan (SIAP Pimpinan).

Wakil Bupati Berau, Gamalis menegaskan Pemkab Berau menyambut baik setiap aksi perubahan digagas Bagian Prokopim Pemkab Berau di bawah pimpinan Agus Susanto.

Aksi itu merupakan bagian penting yang berguna dalam efektivitas pelayanan.

“Agar semakin efektif dan efisien bagi kedua belah pihak, baik penerima manfaat maupun kinerja staf Bagian Prokopim,” ungkapnya saat Launching Digitalisasi SIAP Pimpinan, Selasa (20/5/2025) di Dapur Teras, Jalan Hj Isa III, Tanjung Redeb.

Menurutnya, peluncuran SIAP Pimpinan itu merupakan bagian dari upaya pelatihan kepemimpinan administrator di Lembaga Administrasi Negara.

Karena itu, diharapkan mampu memberikan nilai positif baik kepada pimpinan, OPD, maupun pelaku manfaat aplikasi itu.

“Saya mendorong sistem ini agar segera disosialisasikan kepada masyarakat, juga kepada organisasi perangkat daerah yang melaksanakan kegiatan dan layanan protokol,” jelasnya.

Kepala Bagian (Kabag) Prokopim Setda Berau, Agus Sutanto menjelaskan peluncuran SIAP Pimpinan dibuat untuk membangun sistem koordinasi kegiatan pimpinan yang lebih tertata, efisien dan terdokumentasi dengan baik.

Selama ini, diakuinya, proses koordinasi agenda pimpinan masih banyak dilakukan secara manual atau melalui media percakapan pribadi yang tidak terintegrasi.

Hal itu beresiko terhadap miskomunikasi, tumpang tindih agenda serta tidak optimalnya dokumentasi kegiatan pimpinan.

“Melalui SIAP Pimpinan ini, kami berharap seluruh kegiatan pimpinan daerah dapat terselenggara dengan tertib, efisien dan profesional. Selain itu, platform ini juga akan menjadi bagian dari upaya reformasi birokrasi dan digitalisasi pelayanan internal pemerintah,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *