benuakaltim.co.id, BERAU – Pemerintah Kabupaten Berau menegaskan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan merencanakan pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) baru di atas lahan seluas 4,2 hektare di Jalan Raja Alam.
Proyek ini akan mengintegrasikan berbagai layanan dari lintas sektor, termasuk pelibatan aktif dari pelaku UMKM setempat.
Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menyampaikan bahwa kawasan tersebut nantinya akan dibangun dengan fasilitas yang memadai dan representatif.
Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan dilibatkan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.
“Di atas lahan itu akan kita bangun fasilitas pelayanan publik yang nyaman, sejuk, dan bersih. Semua OPD dan lintas sektor yang berkaitan akan berkontribusi di sana. Tujuannya agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal,” ujarnya Jumat (1/8/2025).
Sebelumnya, sempat muncul wacana untuk memanfaatkan Pasar Sanggam sebagai lokasi MPP.
Namun setelah dilakukan kajian, lokasi tersebut dinilai kurang ideal karena strukturnya yang terbuka dan diperuntukkan untuk aktivitas perdagangan sehari-hari.
“Pasar Sanggam itu strategis, tapi karena difungsikan untuk jual beli lauk pauk dan kondisinya terbuka, maka tidak cocok untuk pelayanan yang membutuhkan kenyamanan dan ketertiban antrian. Pelayanan publik butuh tempat yang adem dan nyaman,” jelasnya.
Meski demikian, pasar tetap akan menjadi perhatian dan akan dilakukan pembenahan agar lebih maksimal dalam mendukung fungsi pelayanan publik di sektor lain.
Selain pembangunan fisik, penguatan koordinasi antarinstansi juga ditekankan. Pimpinan daerah menegaskan pentingnya kerja sama tim dan pengawasan berjenjang.
“Saya selalu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap OPD terkait, bahkan meskipun tidak diliput media. Saya pantau langsung kinerja dan inovasi pelayanan mereka. Ini penting agar semua bagian dari struktur organisasi dari kepala dinas hingga staf dapat bekerja maksimal sesuai tupoksi,” tegasnya.
Ia juga mengajak seluruh kepala OPD untuk aktif merangkul jajaran di bawahnya, membangun tim kerja yang solid dan bertanggung jawab.
“Sehingga tujuan peningkatan pelayanan publik dapat tercapai secara menyeluruh,” pungkasnya. (*)
Reporter: Georgie Silalahi
Editor: Yogi Wibawa